Wabup Butur Terima Duplikat Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih.

  • Aug 07, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Wakil Bupati Buton Utara, Kompol (Purn) Ahali, SH, MH menerima duplikat Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih dalam sebuah acara yang berlangsung di Balai Samudera, Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2024.

Acara ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 dan dibuka secara resmi oleh Kepala BPIP, Yudian Wahyudi

Yudian Wahyudi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran para Bupati, Walikota dan para Kesbangpol Seluruh Indonesia.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran para Bupati, Walikota dan Para Kesbangpol Serta para Purna Paski perwakilan di setiap Daerah", imbuhnya. 

Menurutnya, Perpres Nomor 51 Tahun 2022 mengenai program Paskibraka dijelaskan bahwa BPIP bertanggung jawab untuk mendistribusikan Bendera Pusaka kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan kementerian/lembaga.

 “Peraturan BPIP Nomor 3 tahun 2022 mengamanatkan bahwa duplikat Bendera Pusaka ini digunakan dalam waktu 10 tahun. Namun, apabila sebelum 10 tahun terjadi kerusakan, dapat mengajukan pergantian secara tertulis ke BPIP,” tambahnya.

Dengan perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia. “Bendera ini bukan sekadar kain, melainkan lambang dari perjuangan, pengorbanan, dan cita-cita bangsa kita, tegasnya.

Sementara itu, Megawati melalui siaran ulang yang ditayangkan menekankan pentingnya mensosialisasikan sejarah dan visi bangsa serta membiasakan untuk memulai dengan Salam Pancasila. 

“Pekikan ‘Merdeka’ menggambarkan perjuangan yang tidak pernah luntur di era kemerdekaan ini. Indonesia adalah negara demokratis, rakyat memiliki hak untuk berbicara dan mengungkapkan pendapat. Beliau mengingatkan bahwa gotong royong, kekeluargaan, dan Bhinneka Tunggal Ika sudah mulai luntur di kalangan anak bangsa".

Selanjutnya, Wakil Bupati Buton Utara, Kompol (Purn) Ahali, SH, M.H yang mendapat amanah untuk menerima duplikat Bendera Pusaka mengungkapkan, bahwa ini merupakan momentum bersejarah bagi kita semua. Bendera Pusaka tersebut akan disimpan dengan baik dan selanjutnya akan diserahkan kepada putra/putri terbaik Buton Utara yang tergabung dalam Paskibraka untuk dikibarkan pada saatnya.

Acara ini diharapkan dapat mengokohkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan masyarakat Indonesia, terutama generasi muda. Sebagai informasi, penyerahan duplikat Bendera Pusaka ini dibuat dengan ketentuan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, terakhir dilaksanakan pada tahun 1969. Bendera yang akan dibagikan tidak memiliki jahitan antara warna merah dan putih, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pungkasnya.

Dalam giat tersebut Wabup Butur didampingi oleh Kepala Badan Kesbangpol Butur dan Purna Paskibraka Butur tahun 2023 dengan Tema "Indonesia Baru, Nusantara Baru "

Turut hadir: Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Sekretaris Pengarah BPIP, Anggota Pengarah BPIP, Wakil Kepala BPIP, para Bupati /walikota se Indonesia , dan Ketua Umum Duta Panca.

(MC Kabupaten Buton Utara/ Reporter Hendra, Redaktur Rajab)