Bupati Butur Hadiri Welcome Dinner JKPI Tahun 2024

  • Sep 18, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News - Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si didampingi Ketua TP. PKK, Dra. Hj. Muniarty M.Ridwan menghadiri kegiatan Welcome Dinner dalam rangka Kongres VI Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Tahun 2024 di Panggung Apung Siring Km.0 Sungai Martapura Kota Banjarmasin, Rabu, 18 September 2024

JKPI merupakan suatu organisasi pemerintah kabupaten/kota yang mempunyai keanekaragaman pusaka alam atau pusaka budaya (tangible dan intanginble), yang bertujuan untuk bersama-sama melestarikan pusaka alam dan budaya sebagai modal dasar untuk membangun daerah di masa depan

Kota Banjarmasin yang menjadi tuan rumah JKPI tahun 2024 ini mengangkat tema "Menelusuri Pusaka Seribu Sungai".

Menurut Kepala Dinas Budporapar Kota Banjarmasim, Ikhsan Budiman menjelaskan bahwa dalam tema tersebut mengangkat sungai karena sungai merupakan urat nadi bagi masyarakat Banjarmasim dan menjadi objek wisata unggulan dengan sebutan "Kota seribu sungai".

"Pelaksanaan event besar ini akan berdampak besar secara langsung maupun tidak langsung bagi kota Banjarmasim. Dengan ribuan wisatawan nusantara yang bakal datang, tentu momentum mempromosikan budaya Banjarmasim yang akan berdampak adanya perputaran ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat", imbuhnya.

Kegiatan JKPI Tahun 2024 ini diikuti 31 Kabupaten/Kota yang dihadiri oleh Bupati/Walikota, Ketua PKK Kab/Kota, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala OPD serta tamu kehormatan lainnya.

Welcome Dinner yang dilaksanakan di sungai Martapura Siring KM.0 ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Festival Jukung Hias Tanglong yang merupakan budaya Kota Banjarmasin yang dilaksanakan setiap tahun. Dalam Festival ini memperlombakan berbagai kreativitas dalam menampilkan kapal dengan hiasan yang cantik.

Turut hadir: Asisten Administrasi Umum Setda Butur, Zainal Arifin HZ, SE., M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sinaria, S.Pd serta seluruh rombongan Pemda Buton Utara.

( MC Kabupaten Buton Utara/ Kontributor Harisman, Redaktur Rajab)