Wabup Butur, Pimpin Upacara Pembukaan Lomba Olahraga dan Seni Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Tahun 2024.

  • Aug 03, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News- Wakil Bupati Buton Utara, Kompol (Purn) Ahali, S.H.,M.H memimpin upacara pembukaan lomba Olaraga dan Seni memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 bertempat di Lapangan Raja Jin Kulisusu, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Pembukaan lomba Olahraga dan Seni tersebut di awali dengan pelepasan peserta pawai kontingen yang diikuti oleh Tingkat Pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK serta Tingkat Desa/Kelurahan, Puskesmas Kulisusu, dan Komunitas Pasar Minaminanga.

Dalam sambutannya, Ahali menjelaskan bahwa terkait kegiatan memperingati hari Kemerdekaan Indonesia yang telah berusia 79 tahun, maka untuk merefresh itu hari ini kita membangun kebersamaan, kekompakan dan sinergitas melalui olahraga dan seni tingkat Kecamatan Kulisusu. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memupuk jiwa Nasionalisme dan Patriotisme kita agar tidak mudah luntur, imbuhnya.

"Hari ini, kita sedang dilanda penjajahan era digitalisasi dan untuk menangkal itu maka 17 Agustus setiap Tahun, Kita dituntun membangun kebersamaan Nasionalisme dan Patriotisme berdasarkan Pancasila".

Menurutnya, momen kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di laksanakan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Buton Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kebersamaan dan kedekatan antar masyarakat melalui kegiatan lomba olahraga dan seni nanti.

"Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan arti kemerdekaan dan tidak hilang dari ingatan kita semua", jelasnya.

Ahali berharap bahwa dalam perlombaan ini bukan hanya mencari kemenangan semata, tetapi salah satu yang perlu kita jaga adalah kekompakan jangan justru dengan adanya kegiatan ini menimbulkan perpecahan ataupun permasalahan. Karena itu keamanan dan ketertiban harus tetap dijaga.

"Jangan sampai hanya karena masalah kemenangan menimbulkan kericuhan atau terganggunya keamanan," tegasnya.

Diseluruh Indonesia kita sedang menghadapi pesta Demokrasi secara serentak, sehingga kepada semuanya untuk mawas diri agar tidak selalu mengaitkan segala kegiatan dengan politik.

Mengakhiri sambutannya, mantan Kapolsek Kulisusu ini tak lupa mengucapkan, selamat bertanding dan selamat melaksanakan kegiatan perlombaan nanti, semoga kita semua selalu diridhoi Allah, SWT. 

Turut hadir: Asisten Perekonomian dan pembangunan, Sahrun Akri, SP, M.Si, Kepala BKAD, Dr. H. Harmin Hari, SP.,M.Si, Perwakilan Kementerian Agama, Camat Kulisusu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Amaliah Ahali serta semua peserta Devile Tingkat kecamatan Kulisusu.

(MC Kabupaten Buton Utara/Fotografer Nasriah, Reporter Harnia, Redaktur Rajab)