Wabup Butur Ikuti Rapat Koordinasi Kelembagaan Yang Agile Melalui Digitalisasi Pemerintahan

  • Aug 26, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Wakil Bupati Buton Utara, Kompol (Purn) Ahali, SH, M.H mengikuti rapat Koordinasi kelembagaan yang agile melalui digitalisasi pemerintahan bertempat di Four Points by Sheraton, Makassar, Senin, 26 Agustus 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya menekankan pentingnya penyederhanaan birokrasi dan transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintahan, imbuhnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan dari 16 Provinsi di Indonesia Timur, baik secara langsung maupun melalui Zoom, Azwar Anas menyampaikan perlunya pendekatan khusus untuk meningkatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Reformasi Birokrasi SAKIP.

"Kita ingin mendorong adanya pemangkasan proses bisnis, penyederhanaan birokrasi, dan struktur yang lebih efisien".

Menurutnya, bahwa perbaikan sistem kerja dan percepatan tata kelola melalui transformasi digital menjadi krusial untuk mengatasi berbagai keterbatasan yang ada, seperti kurangnya sumber daya manusia dan anggaran.

“Jika sistem kerja diperbaiki dan manajemen kinerja ditingkatkan, kekurangan orang bisa diatasi, dan birokrasi akan berdampak lebih signifikan,” ujarnya.

Azwar Anas juga menekankan pentingnya hasil nyata dari reformasi birokrasi yang dirasakan oleh masyarakat. Ia mengingatkan agar fokus tidak hanya pada pembangunan infrastruktur atau fasilitas birokrasi yang menumpuk, namun juga pada dampak nyata bagi masyarakat.

“Ujung dari pertemuan ini adalah agar kita bisa segera mewujudkan birokrasi yang berdampak langsung kepada rakyat,” jelasnya.

Selanjutnya, Azwar Anas juga menyampaikan instruksi untuk menghentikan pembuatan aplikasi baru di tingkat kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, dengan tujuan mengintegrasikan berbagai aplikasi yang sudah ada agar memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Target kami adalah agar kepala daerah segera mengintegrasikan berbagai aplikasi yang ada agar rakyat makin mudah,” tegasnya.

Sebagai contoh sukses dari penyederhanaan birokrasi, Azwar Anas mengungkapkan bahwa proses kenaikan pangkat di Jakarta yang sebelumnya memerlukan 14 tahap kini hanya membutuhkan dua tahap berkat sistem digital.

“Dengan sistem digital, kantor BKN di Jakarta yang dulu mempekerjakan hampir 500 orang kini hanya membutuhkan 50 orang, dan gedungnya menjadi kosong karena pekerjaan dilakukan secara digital,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Menteri Azwar Anas menyampaikan kelembagaan yang agile adalah mengadopsi teknologi agar ke depan dapat menghadirkan layanan publik yang lebih responsif dan mudah diakses, meningkatkan kepuasan masyarakat serta efektivitas pelayanan. 

"Digitalisasi bukan hanya sekadar perubahan alat, tetapi sebuah transformasi menyeluruh dalam cara bekerja, berkolaborasi, dan memberikan pelayanan terbaik kepada publik", pungkasnya.

Turut hadir: Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh; Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto; Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini; Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Nanik Murwati; para Kepala Daerah, Sekretaris Daerah, Kadis Kominfo dan Kabag Organisasi Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

(MC Kabupaten Buton Utara/ Kontributor Ilham, Redaktur Rajab)