Sepanjang 505 Meter Pelabuhan Perikanan Mulai di Bangun, Bupati ini Terobosan yang Sangat Luar Biasa.

  • Jul 27, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News -Sepanjang 505 meter dan lebar 6 meter pelabuhan perikanan Minaminanga Kabupaten Buton Utara mulai dibangun hari ini yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati, Dr. H. Muhammad Ridwan Zakariah, M.Si yang didampingi langsung Kepala Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara yang diwakili PPTK Pembangunan Pelabuhan Perikanan, Femmy, S.Pi.,M.Si di pelabuhan ikan Minaminanga, Sabtu, 27 Juli 2024.

Dalam paparannya diacara Ground breaking pembangunan dermaga pelabuhan perikanan Minaminanga, Femmy menjelaskan bahwa pekerjaan ini masuk dalam program kegiatan dengan anggaran sebesar 20 miliar untuk pengembangan dermaga, panjang kurang lebih 505 meter, lebar jalan 7 meter dengan perkiraan kendaraan bisa masuk untuk aktivitas bongkar muat ikan, untuk transler 18,5 meter lebar 5 meter dan disambung dengan dermaga sepanjang 30 meter dengan lebar 6 meter, paparnya.

Menurutnya, kalau kita lihat master plan dibagian ujung ada beberapa sarana penunjang yang harus kita adakan guna menunjang dermaga ini. 

Alhamdulillah, insyaallah tahun depan kita adakan pembangunan Tempat Pangkalan Ikan (TPI) dilengkapi dengan kantor dan air bersih, ujarnya .

Dengan upaya kerja keras, Femmy yang juga putra Buton Utara meminta dukungan untuk sama-sama berkomunikasi dengan pihak Kementerian untuk sarana penunjang lainnya. 

"Kami minta support dari Pemda Buton Utara untuk kita ke Kementerian, dengan harapan pekerjaan ini dapat diselesaikan sampai akhir Desember Tahun ini dan tidak ada masalah".

Kalau pekerjaan ini kita selesaikan dengan baik insyaallah ke depan tidak ada halangan, harap Femmy.

Selanjutnya Bupati Buton Utara menyambut baik dan apresiasi kepada pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara yang telah menaruh perhatian kepada masyarakat Buton Utara untuk membangun infrastruktur pelabuhan ikan dalam menunjang perekonomian.

"Peletakan batu pertama ini sebuah kejutan dan terobosan yang luar biasa, bagi kami dan tentunya kami ucapkan terimakasih kepada Dinas Perikanan Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah berkenaan mendengarkan suara-suara masyarakat Buton Utara", ujarnya.

Harapan kita supaya betul-betul masyarakat nelayan mendapat keadilan secara ekonomi untuk menikmati fasilitas dan peluang-peluang pembangunan di Buton Utara.

"Tetapi yang pasti hari ini kita buktikan semua terjadi komunikasi yang baik antara pemerintah Provinsi dan Kabupaten".

Bupati juga mengungkap hasil penelitian yang pernah dilakukan tentang bagaimana meningkatkan kualitas pemanfaatan SDA melalui motorisasi perahu nelayan yang sudah dilakukan sekitar 30 tahun yang lalu kami sudah membuktikan bahwa pendapatan nelayan naik sampai 300 persen.

Penelitian itu akan meningkatkan kapasitas motorisasi perahu nelayan yang akan berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan Ekonomi nelayan.

Tetapi saya kira ke depan bukan hanya kapasitas tapi juga fasilitas lain yang akan kita tingkatkan dan akan berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat Buton Utara.

"Jadi saya kira mari kita pelihara dengan baik bersama masyarakat dan pemerintah supaya potensi kita miliki dapat dimaksimalkan dengan baik", pungkasnya.

(Mc Kabupaten Buton Utara/Fotografer Nasriah, Reporter Rajab)