Redaktur Media Infokom Khatib Jumat di Masjid Nurul Ilmi Sara Ea; Begini Pesan Khutbahnya

  • Aug 23, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News: Redaktur media Infokom News, Dr. Muhammad Rajab Rusman, M.Kes menjadi Khatib Jum'at dengan judul "Antara kuantitas dan kualitas rezeki yang diterima manusia" di masjid Nurul Ilmi Kelurahan Sara'Ea, Jum'at 23 Agustus 2024.

Rajab Rusman dalam pesan khutbahnya menguraikan bahwa sebuah keniscayaan bagi kita untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan dan rasa syukur kepada Allah, SWT yang telah memberikan berbagai nikmat yang tak bisa kita hitung satu persatu. Nikmat dari Allah itu bukan hanya dalam bentuk materi saja akan tetapi nikmat kesehatan, kesempatan, Islam dan iman lebih berharga dari sekedar nikmat materi yang kita miliki, imbuhnya.

Bayangkan bagaimana rasanya jika harta banyak namun tidak bisa menikmatinya karena sakit-sakitan. Bagaimana rasanya jika kita miliki jabatan namun hati tidak merasa tenang. Oleh karenanya sebagai seorang hamba harus menyadari bahwa ada yang memiliki segalanya dari kita dan berhak atas segala perjalanan kehidupan kita di dunia ini yaitu sang khalik pencipta, Allah SWT.

Di era modern saat ini banyak manusia semakin menunjukkan sikap hedonismenya yang mengakibatkan manusia berusaha mencari kebahagiaan dengan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya dengan berbagai daya upaya. 

"Saat ini juga kita rasakan banyak manusia yang mementingkan kuantitas daripada kualitas harta. Manusia modern mementingkan jumlah daripada berkah harta yang dimilikinya", jelasnya.

Menurutnya, ini menjadi renungan kita bersama bahwa Allah SWT telah memberikan rezeki berupa harta kepada masing-masing manusia. Rezekinya tak akan tertukar dengan rezeki orang lain. Yang terpenting dari kita adalah harus terus berusaha dengan baik seraya berdoa dan menyadari bahwa Allah telah membagi rezeki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya. 

Dalam surat Ali Imran ayat 37 dikatakan sesungguhnya Allah memberi rizki kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya tanpa batas.

Segala hal yang terkait dengan rezeki yang sudah didapatkan haruslah kita syukuri. Dengan bersyukur kita tidak lagi selalu menghitung-hitung jumlah harta yang kita miliki. Harta adalah washilah saja untuk bisa beribadah dengan tenang kepada Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam surah Adz-Dzariat ayat 56 "Dan aku tidak menciptakan Jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku".

Mubalig Muda yang juga Sekretaris ICMI Butur ini dihadapan jama'ah Jum'at meyakinkan bahwa "dengan syukur akan membuahkan hasil yang lebih baik karena dengan bersyukur Allah akan menambahkan nikmat yang telah diberikan kepada kita", terangnya.

Kesadaran bahwa harta hanya sebuah titipan, dan ini akan memunculkan sikap senang berbagi, bersedekah dan berzakat.

Diakhir khutbahnya, jebolan Dr. UHO ini yang imajinasinya banyak menghiasi rubrik Media mengajak jamaah untuk merenungkan surah Ath-Tholaq ayat 2 dan 3, "Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka sangkanya, dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya akan mencukupkan keperluannya, pungkasnya.

(MC Kabupaten Buton Utara/ Fotografer Firdaus, Editor Nasriah)