Program Kassitela Butur Mulai di Implementasikan sebagai Upaya Pembenahan Tata Kelola Data Sektoral Kabupaten Buton Utara.

  • Jul 29, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Program Kassitela Butur mulai dilaksanakan sebagai upaya untuk pembenahan tata kelola data sektoral di kabupaten Buton Utara. Hal itu disampaikan kepala Badan Pusat Statistik Buton Utara Suharjufito Endo, SST, ME saat ditemui diruang kerjanya, pada hari Senin, 29 Juli 2024.

Karena begitu pentingnya kolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam menghasilkan data-data pembangunan yang berkualitas, Kepala BPS Suharjufito Endo, SST, ME menggagas program inovatif dengan nama “Kassitela Butur” atau “Kolaborasi Pembinaan Statistik Sektoral melalui Asistensi Berkala Kabupaten Buton Utara”. 

Program Kassitela Butur ini bertujuan untuk menyediakan SDM dengan pemahaman kegiatan statistik yang baik di setiap OPD untuk mengelola penyelenggaraan statistik sektoral sehingga memenuhi prinsip-prinsip Satu Data Indonesia, imbuhnya.

Suharjufito Endo menjelaskan, pemenuhan Prinsip Satu Data Indonesia dalam penyelenggaraan kegiatan statistik di daerah merupakan upaya pembenahan tata kelola data yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) dan Peraturan Bupati Buton Utara Nomor 5 Tahun 2022 tentang Satu Data Indonesia Kabupaten Buton Utara. 

"Dalam Perbup tersebut disebutkan bahwa BPS Kabupaten Buton Utara selaku Pembina Statistik perlu senantiasa melakukan Pembinaan Statistik Sektoral kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara, ujarnya. 

Menurutnya, Program Kassitela Butur dilaksanakan dalam beberapa tahapan kegiatan. 

Yang pertama adalah peningkatan kompetensi pegawai BPS Kabupaten Buton Utara dalam melakukan pembinaan statistik sektoral. Tim ini nantinya akan bertanggungjawab mengasistensi OPD dalam menjalankan proses bisnis statistik sektoral, mulai dari perencanaan kegiatan statistik, pengumpulan data, pemeriksaan data, dan penyebarluasan hasil pendataan. Proses bisnis ini tidak singkat, sehingga membutuhkan asistensi yang berkelanjutan.

Asistensi berkala yang ingin dilakukan oleh BPS Kabupaten Buton Utara sambung Suharjufito, perlu mendapat dukungan dari pihak terkait, sehingga diperlukan komitmen dari stakeholder, seperti Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian sebagai Walidata, serta OPD-OPD yang setiap tahun menghasilkan data-data pembangunan Kabupaten Buton Utara (OPD Produsen Data). 

Untuk itu, Bappeda sebagai Koordinator Forum Satu Data Kabupaten Buton Utara mengadakan Rapat Forum Data Tahun 2024 sebagai bentuk koordinasi percepatan tata kelola satu data. Dan itu telah dilaksanakan rapat forum data pada tanggal 9 Juli 2024 lalu di ruang rapat Bappeda.

Selanjutnya, untuk meningkatkan pemahaman pentingnya data yang berkualitas dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah, serta meningkatkan pemahaman mengenai tata kelola statistik sektoral, khususnya terkait peran BPS sebagai Pembina Data, maka dilaksanakan Pembinaan Statistik Sektoral di Aula Bappeda pada tanggal 17 Juli 2024, dengan mengundang seluruh OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Utara. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendeklarasikan kesiapan BPS Kabupaten Buton Utara dalam melakukan asistensi berkala ke OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Utara. Hal ini sejalan dengan harapan Bapak Bupati agar pembinaan statistik terhadap Pemerintah Daerah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan berkelanjutan.

Saat ini program Kassitela Butur sudah mulai dilaksanakan pada Dinas Perikanan Kabupaten Buton Utara untuk membantu dinas melakukan penghitungan angka konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Buton Utara. “Asistensi tahap pertama di Dinas Perikanan sudah kami lakukan, kami menjelaskan mengenai pemanfaatan data sosial ekonomi yang dihasilkan BPS, khususnya konsumsi ikan di Kabupaten Buton Utara, dan kami juga menjelaskan terkait perencanaan kegiatan statistik. Asistensi tahap berikutnya tentu masih perlu dilakukan sampai pada tahapan penyebarluasan datanya”, terang Suharjufito.

Kassitela Butur merupakan implementasi Aksi Proyek Perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di Pusdiklat BPS RI yang sedang diikuti oleh Kepala BPS Kabupaten Buton Utara. 

Dengan program Kassitela Butur, tata kelola data di Kabupaten Buton Utara diharapkan menjadi lebih baik, memudahkan akses terhadap data sektoral, dan meningkatkan kualitas perencanaan dan evaluasi pembangunan sehingga berdampak kepada masyarakat.

"Walidata dan OPD Produsen Data tinggal menyiapkan personil pengelola data, BPS yang akan membina dan mendampingi", pungkasnya.

(MC Kabupaten Buton Utara, Reporter Rajab, Dokumentasi Humas BPS butur)