Pemkab Butur Raih Penghargaan Piala Kategori Predikat Utama Pada UHC Awards 2024.

  • Aug 08, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Pemerintah Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara berhasil mendapatkan penghargaan kategori Predikat Utama dari Wakil Presiden RI pada Universal Health Coverage(UHC) Awards 2024.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Wakil Bupati Buton Utara, Kompol(Purn) Ahali, SH.,MH didampingi oleh Kepala BPJS Kabupaten Buton Utara, Safrudin, SKM di Jakarta Gedung The Krakatau Grand Ballroom TMII, Kamis, 8 Agustus 2024.

Sesuai RPJMN dan sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah mendukung program JKN maka Pemerintah Kabupaten Buton Utara mendapat undangan untuk menerima penghargaan bagi daerah yg telah mencapai cakupan kepesertaan >95% dari jumlah penduduknya.

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 35 provinsi dan 468 Kab/Kota berhak mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden RI yang terbagi menjadi 3 kategori yakni Utama, Madya dan Pratama. 

Sedangkan Kabupaten Buton Utara sendiri mendapatkan Predikat Utama dengan kriteria tertinggi bersama dengan 135 Kab/Kota lainnya dengan capaian UHC > 98%, tidak memiliki tunggakan PBPU Pemda tahun 2023 dan berkontribusi dalam keseluruhan penduduk di wilayah pemerintah Daerah dan Nasional. 

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa penghargaan UHC ini sebagai apresiasi atas komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Kami berharap penghargaan ini dapat memotivasi seluruh pihak untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Wakil Presiden mengapresiasi dan juga mendorong agar cakupan kesehatan diperluas hingga 100 persen dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat dan menggunakan pendekatan yang efektif serta solutif bagi masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban iuran.

"Pastikan adanya monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan untuk menjamin keberlanjutan dan peningkatan kualitas pelayanan," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buton Utara, Kompol (Purn) Ahali, SH, MH mengungkapkan, bahwa Kabupaten Buton Utara berhasil mendapatkan penghargaan tersebut atas komitmen Pemerintah Daerah dalam rangka optimalisasi perluasan kepesertaan menuju UHC tahun 2024.

Selain itu, dengan menyediakan layanan kesehatan yang mencakup seluruh warga. Hal ini, sesuai RPJMN dan sebagai bentuk apresiasi kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah mendukung program JKN, pungkasnya.

Turut Hadir: Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Presiden International Social Security Association, Muhammad Asman, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti.

(MC Kabupaten Buton Utara/Kontributor Hendra, Editor Rajab)