Pemkab Butur Ikuti Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) dan UMKM Fiesta Tahun 2024.

  • Aug 09, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News- Pemerintah Kabupaten Buton Utara yang diwakili Kadis Kominfo, La Nita, S.Pd, M.M mengikuti Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) dan UMKM Fiesta bertempat di Anjungan City Of Makassar, Jum'at, 9 Agustus 2024.

Festival KIM yang dirangkaikan dengan UMKM Fiesta Tahun 2024 dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang diwakili Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya, R Wijaya Kusumawardhana.

Dalam sambutannya, R. Wijaya Kusumawardhana mengatakan bahwa KIMFest hadir untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, sekaligus sebagai bukti Kemenkominfo berkomitmen membangun infrastruktur telekomunikasi guna menjamin akses teknologi informasi dan komunikasi (digital) di seluruh Indonesia, imbuhnya.

"Indonesia memiliki keunikan geografis yang tentu menjadi tantangan tersendiri dalam pemerataan akses informasi. Menyadari hal ini pembangunan Infrastruktur telekomunikasi terus diupayakan berjalan dalam pemerataan akses informasi dan transformasi digital kepada masyarakat".

Indeks digital Indonesia berada pada angka 3,64 yang diukur berdasarkan empat dimensi yaitu keterampilan digital, literasi digital, infrastruktur digital, dan tata kelola digital. Indeks ini menunjukkan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengatasi kesenjangan digital, termasuk memerangi berita bohong dan misinformasi. Faktanya, 30% populasi masih rentang terhadap disrupsi digital, jelasnya.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Pagarra mewakili Wali Kota mengungkapkan KIM merupakan sarana komunikasi antar pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. 

Untuk itu, pengelola KIM harus ditingkatkan kompetensinya agar informasi tentang program-program Pemerintah disampaikan dengan baik sehingga memperkuat kepercayaan publik terhadap pemerintah.

"Kemudian informasi dan pengelolaan KIM yang disebarkan masyarakat perlu melakukan pengelolaan yang baik agar mendapatkan informasi yang berkualitas dan bermanfaat yang berorientasi pada pembangunan dan bukan informasi yang liar serta sumber yang tidak jelas", terangnya.

Selanjutnya, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan diwakili Kadis Kominfo, Winarno Eka Putra mengapresiasi acara ini dan berharap dapat menjadi semangat baru bagi masyarakat. 

Kim fest 2024 adalah upaya pemerintah dalam mewujudkan pembangunan merata di seluruh Indonesia, termasuk di dalamnya adalah akses informasi kepada masyarakat.

Menurutnya, UMKM fiesta 2024 yang mengangkat tema "UMKM bangkit ekonomi Makassar melejit" merupakan momentum bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang telah berkontribusi besar terhadap perekonomian Kota Makassar.

"Pelaksanaan KIMFest ini bertujuan untuk mendekatkan pelaku UMKM dengan masyarakat untuk memperluas pemasarannya dan UMKM yang dihadirkan adalah yang sudah melalui tahapan di inkubator," pungkasnya. 

(MC Kabupaten Buton Utara/Reporter Bayan, Redaktur Rajab)