Pemkab Butur Gelar Resepsi Kenegaraan Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Tahun 2024.

  • Aug 18, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News- Pemerintah Kabupaten Buton Utara menggelar resepsi Kenegaraan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Tahun 2024 bertempat di Rujab Kamali, Kulisusu, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa perayaan HUT Kemerdekaan RI Tahun ini momen yang spesial dan sejarah baru bagi tanah air kita dalam melaksanakan Perayaan Hari Ulang Tahun kemerdekaan. Hal ini disebabkan perayaan Kemerdekaan secara Nasional selama ini dilaksanakan di Istana Negara Jakarta tetapi pada Tahun ini dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara yang baru, Propinsi Kalimantan Timur, imbuhnya.

Dengan Mengusung Tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” mencerminkan semangat dan harapan Bangsa Indonesia untuk terus melangkah maju menuju masa depan yang lebih cerah.  

"Indonesia Maju” menekankan tekad bangsa untuk terus berkembang di berbagai aspek, baik Ekonomi, Sosial, maupun Teknologi. 

Menurutnya, Pulau Sulawesi sebagai pulau terdekat dengan IKN Kalimantan Timur, memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan menjadi peluang dalam pembangunan Ibu Kota baru. Pulau Sulawesi memiliki potensi besar karena bisa men-supply kebutuhan pangan dan kebutuhan pembangunan lainnya, jelasnya.

Bupati dua periode ini menambahkan bahwa peluang inilah yang dapat kita manfaatkan dengan optimal melalui pengelolaan potensi kelautan Buton Utara baik komoditi Perikanan, Lobster, Kepiting Bakau maupun Rumput Laut yang terus mengalami peningkatan produksi, dan didukung kawasan Hutan Bakau yang sangat luas 17.400 Ha, serta panjang Pesisir Pantai mencapai 224 Km.

"Kemampuan dan kejelian kita diperlukan dalam memanfaatkan berbagai peluang dari suatu kebijakan yang ditetapkan", terangnya.

Olehnya karena itu pada momentum HUT Kemerdekaan RI ke-79 ini, Saya mengajak kita semua untuk terus bekerja dan berkarya membangun Buton Utara. 

Walaupun telah banyak kemajuan yang dirasakan oleh masyarakat seperti akses terhadap layanan Pendidikan dan Kesehatan yang semakin baik, namun kita tidak menutup mata bahwa masih banyak permasalahan dan tantangan daerah kita yang perlu diselesaikan terutama pada sektor-sektor strategis seperti pembangunan Infrastruktur Jalan, Jaringan Listrik dan Jaringan Telekomunikasi yang belum sepenuhnya terjangkau sampai ke pelosok desa karena persoalan kewenangan.

"Mari kita bersama-sama melanjutkan perjuangan para Pahlawan dengan bekerja keras, berinovasi, dan berkolaborasi untuk membangun Buton Utara yang lebih maju, adil dan sejahtera. Hanya dengan itu secara tidak langsung kita telah ikut memajukan Negara tercinta kita Indonesia", pungkasnya.

Sementara itu, sebelumnya Inspektur dua Syahril Daming, SH yang mewakili orang tua Paskibraka dalam kesan pesannya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Buton Utara yang telah sukses menyelenggarakan perayaan 17 Agustus 2024. Demikian pula ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh panitia yang telah berperan aktif sehingga tercipta kantibmas yang kondusif di wilayah Buton Utara.

Menurutnya, upacara HUT Kemerdekaan RI Tahun ini adalah spesial bagi TNI/Polri. Dikatakan demikian, karena secara tidak disengaja saya menjadi Komandan Upacara saat Penurunan bendera dan anak saya yang membawa baki. Sementara yang membawa baki pada saat penaikkan bendera adalah anaknya Dandim 1429 Buton Utara. Lebih spesial lagi pembawa baki pada saat penaikkan bendera dan penurunan bendera disatukan dengan nama yang sama "Aisyah". Ini tentu membanggakan bagi kami TNI/Polri, tutupnya.

(MC Kabupaten Buton Utara/ Fotografer Erja, Reporter Harnia, Redaktur Rajab)