Pemkab Butur Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan TMMD ke-121 Tahun 2024.

  • Aug 19, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Pemerintah Kabupaten Buton Utara menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan TMMD ke-121 Tahun 2024. Rapat dipimpin Kepala Bappeda Kabupaten Buton Utara, Zainal Arifin HZ, SE, M.Si bertempat di ruang rapat kantor Bappeda, Senin, 19 Agustus 2024.

Zainal Arifin dalam pengantarnya menjelaskan bahwa program TMMD ini merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Pemerintah Daerah dan Swasta bersama masyarakat desa lokasi sasaran. Upaya ini merupakan percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Dalam rapat koordinasi ini membahas beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain: peningkatan jalan tani, pembangunan MCK, rehabilitasi rumah tidak layak huni, penyediaan air bersih serta penyuluhan terkait stunting, wawasan kebangsaan dan pertanian.  

Selain itu pula dalam rapat koordinasi ini disepakati: pembangunan infrastruktur jalan, deker, rumah layak huni, sumur bor, dan penyuluhan kesehatan dengan pemerintah desa. Hasil rapat koordinasi akan ditindaklanjuti dengan langkah-langkah konkret dalam mempersiapkan pelaksanaan TMMD ke-121 Tahun 2024 Kabupaten Buton Utara agar dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat bagi masyarakat, jelasnya.

Sementara itu Dandim 1429 Buton Utara, Letkol Inf. Acuk Andrianto, SE saat dihubungi via Telepon Selulernya, menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan TMMD adalah untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan pada tingkat desa dengan memberdayakan masyarakat. Selain itu juga adalah membangun sinergi TNI/Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam membangun desa, imbuhnya.

"Strategi pemberdayaan masyarakat harus tercermin dan dikomunikasikan dengan baik sehingga masyarakat ikut serta dalam melaksanakan pembangunan. Tujuan dan sasarannya harus dipahami serta manfaatnya dirasakan oleh masyarakat sehingga dapat memperkuat dan mengembangkan potensi masyarakat".

Menurutnya, Kegiatan TMMD ini akan dilaksanakan mulai tanggal 2 s.d 31 Oktober 2024 selama 30 hari kalender di Kecamatan Kulisusu Utara, pungkasnya.

Turut hadir: Dandim 1429 Buton Utara, Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait yaitu: Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Perumahan, Dinas PMD, Dinas Pertanian dan Dinas Kependudukan dan KB. 

(MC Kabupaten Buton Utara/ Reporter Sitti Hariani, Redaktur Rajab)