Pemkab Butur Gelar Gerakan Pangan Murah Guna Stabilisasi Harga Pangan dan Pengendalian Inflasi di Kecamatan Kulisusu

  • Jul 30, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News- Pemerintah Kabupaten Buton Utara yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Dra. Muliana, M.Ap membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar di Lapangan Raja Jin Kecamatan Kulisusu, Selasa, 30 Juli 2024.

Muliana dalam sambutannya menjelaskan bahwa Gerakan Pangan Murah sebagai salah satu wujud nyata hadirnya pemerintah di tengah masyarakat dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi di Kabupaten Buton Utara.

"Kegiatan ini dapat meningkatkan ketahanan pangan daerah baik dalam hal ketersediaan maupun kestabilan harga bahan pangan sehingga inflasi dapat ditekan". 

Tingkat inflasi yang tinggi akan mengakibatkan daya beli masyarakat menurun terhadap barang yang dibutuhkan. Laju inflasi yang tinggi juga akan memberikan dampak terhadap peningkatan kemiskinan.

Menurutnya, setelah kita mengalami dampak "El nino" yang menyebabkan terjadinya kemarau panjang, saat ini kita juga harus mewaspadai dampak dari "La nina" yang ditandai dengan curah hujan yang relatif tinggi.

Curah hujan yang tinggi bila tidak didukung oleh daya serap tanah dapat mengakibatkan banjir dan apabila ini terjadi di daerah penghasil bahan pangan, bisa mempengaruhi ketersediaan bahan pangan yang secara langsung menyebabkan kenaikan harga, imbuhnya.

Menghadapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Buton Utara melalui OPD terkait telah melakukan beberapa upaya untuk mengendalikan inflasi, berupa pemantauan langsung di pasar dan distributor untuk mengetahui kondisi ketersediaan stok dan harga bahan pangan, serta mengadakan Gerakan Pangan Murah yang sudah terlaksana selama ini.

"Saya juga berharap ke depannya Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton Utara dapat kembali menyelenggarakan event seperti ini dimana masyarakat merasakan manfaatnya dengan menggunakan kesempatan ini untuk memperoleh bahan pangan dengan harga murah yang sesuai kebutuhan", jelasnya.

Muliana juga mengajak masyarakat untuk bersinergi membangun potensi pertanian lokal yang ada di Kecamatan Kulisusu, melalui pemanfaatan lahan tidur agar kembali produktif dan juga pemanfaatan lahan pekarangan rumah tangga masing-masing dengan menanami bahan pangan dasar masyarakat seperti cabe, tomat, sayur-sayuran dan lain sebagainya.

Harapannya, momentum ini dapat dimanfaatkan untuk berbelanja guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga sesuai kebutuhan dan tidak berbelanja berdasarkan keinginan, karena akan berpengaruh pada stabilitas harga yang justru akan berdampak kepada masyarakat sendiri sebagai konsumen pangan, pungkasnya.

Turut hadir: Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabulog Bangkudu, Camat Kulisusu, mewakili Dandim 1429, Kapolsek Kulisusu, Panitia GPM, serta para warga Kecamatan Kulisusu. 

(MC Kabupaten Buton Utara/Fotografer Erja, Reporter Hariani)