Hebat, Murid-Murid TK/PAUD Butur Tunjukkan Kreativitas di Hadapan Bunda Paud.

  • Aug 14, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, suasana di Kecamatan Kulisusu, Buton Utara, Rabu(14 Agustus 2024) semakin semarak dengan lomba pawai murid TK/Paud.

Dengan semangat dan antusiasme para murid dari berbagai sekolah bergabung dalam satu acara yang penuh makna.

Setiap sekolah memiliki cara dan versinya sendiri dalam menggunakan pakaian, ada yang menggunakan kebaya nasional, khas adat Kulisusu, ada yang memakai pakaian profesi seperti petani, polisi, TNI, dokter bahkan pakaian pilot dan kostum pahlawan yang menjadi perpaduan harmonis dari warisan budaya dan semangat kemerdekaan.

Ada yang menarik perhatian dihadapan Bunda Paud, seorang murid TK Tandai Bale membaca teks Proklamasi menggunakan bahasa Inggris. Namanya Muhammad Rozak Al Rohib sangat fasih mengucapkan kata perkata dalam bahasa Inggris dan lancar langsung disambut dengan tepuk tangan.

Hebatnya, menurut deskripsi yang dibaca oleh salah satu guru mereka Erma Aprilia, S.Pd mempertunjukkan dan memperagakan sebagai Presiden Pertama RI Soekarno dalam membacakan detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. Dan juga peragaan ibu Kartini sebagai pejuang Emansipasi wanita dan kesetaraan hak-hak perempuan dalam pendidikan.

Uniknya lagi, semua barisan sekolah tampil beda dengan cara masing-masing. Seperti TK Tandai Bale menunjukkan nuansa kebhinekaan dalam barisan dengan mengenakan pakaian yang terbuat dari kantung plastik, koran dan karung bekas yang didaur ulang menjadi bentuk pakaian. 

Mengangkat tema "Kita semua bersaudara" dan sub tema Bhineka Tunggal Ika, sebagai semboyan Negara kita untuk mempersatukan keberagaman menjadi satu yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan semangat kemerdekaan sejak usia dini.

Banyak atraksi kreativitas setiap barisan ditunjukkan saat berada dihadapan panggung utama untuk penghormatan kepada bunda Paud, Dra. Hj. Muniarty. M.Ridwan didampingi wakil ketua bunda Paud Amalia Ahali dan Euis Rukman serta para pimpinan OPD lingkup pemerintah Kabupaten Buton Utara.

Pantauan media sampai selesainya kegiatan, pawai berjalan lancar dan tertib.

(MC Kabupaten Buton Utara, Fotografer/Redaktur Rajab)