DPPKB Butur Gelar Fasilitasi Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan Keluarga Berencana Tahun 2024

  • Jul 18, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton Utara menggelar Fasilitasi Intensifikasi dan Integrasi pelayanan Keluarga Berencana bertempat di Puskesmas Bonerombo, Kelurahan Lemo kecamatan Kulisusu pada Kamis, 18 Juli 2024.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton Utara, Rusli, SE, M Si dalam laporannya menjelaskan bahwa fasilitasi Intensifikasi dan Integrasi pelayanan KBKR di wilayah khusus dilaksanakan dalam rangka hari kependudukan se-dunia.

Menurutnya, kegiatan ini diinisiasi oleh BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara pada 17 Kab/kota dan Buton Utara menjadi salah satu wilayah khusus yang menjadi target pemenuhan dalam penggunaan alat dan kontrasepsi pada akseptor pasangan usia subur.

"Melalui pelaksanaan kegiatan ini, kita akan mendapatkan edukasi dari Narasumber tentang strategi yang dapat mendorong pencapaian target penggunaan obat dan alat kontrasepsi di Kabupaten Buton Utara", ungkapnya.

Selain itu, kitapun mendapat kehormatan, baik DPPKB, Dinas Kesehatan, penyuluh dan para kader untuk lebih memaksimalkan pencapaian target pengguna alakon untuk akseptor, tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Akses layanan KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara, dr. Fithriyani Abu Kasim, M Kes menjelaskan  bahwa Buton Utara kepesertaan akseptor KB masih rendah sehingga diperlukan keterlibatan lintas sektor untuk meningkatkan kepesertaan menjadi akseptor.

Menurutnya, Program Bangga Kencana tidak akan berjalan lancar dan sesuai harapan apabila tidak didukung peran dari pemerintah daerah.

"Saya yakin melalui pertemuan ini, bisa membantu Kabupaten Buton Utara mencapai target pelayanan akseptor dengan memperluas jangkauan sampai pada kecamatan lainnya", jelasnya.

Selanjutnya, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Buton Utara, La Nita, S.Pd, M.M selaku Plh. Sekretaris Daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Buton Utara dan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara yang menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka mensukseskan Program KBKR di Kabupaten Buton Utara.

Fasilitasi Intensifikasi dan Integrasi pelayanan KBKR di Buton Utara mencerminkan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengendalian kelahiran yang terencana dan terarah sekaligus mengedepankan pemahaman yang benar tentang tujuan dari program KB.

Menurutnya, program ini berpengaruh besar terhadap keberhasilan pembangunan secara keseluruhan, karena penduduk merupakan subjek dan sekaligus objek pembangunan. Oleh karena itu pertumbuhan penduduk harus dikendalikan dan dikelola dengan baik, penduduk yang berkualitas merupakan modal penting pada proses pembangunan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan semua stakeholders yang hadir dapat mengajak warga terutama Pasangan Usia Subur(PUS) untuk mendapatkan pelayanan KBKR", harapnya. 

Pada kesempatan hari ini, La Nita mengajak untuk meningkatkan sinergi antarmitra kerja, berbagi pengetahuan dan pengalaman terbaik, serta membangun komitmen yang kuat untuk terus mendorong inovasi dan pembaruan dalam pelayanan keluarga berencana.

"Saya yakin, dengan semangat kolaboratif yang kita miliki, kita dapat mengatasi berbagai tantangan dan mengoptimalkan potensi yang ada untuk mewujudkan keluarga-keluarga yang berdaya, sejahtera, dan berkualitas di Kabupaten Buton Utara.

Karena itu, keberhasilannya perlu dukungan dari mitra kerja strategis dimana mereka memiliki fasilitas kesehatan, tenaga medis dan tenaga kesehatan hingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan, pungkasnya.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter Rajab)