Dirjen IKP Kemenkominfo RI Tutup KIMFest Tahun 2024.

  • Aug 10, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Direktur Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Usman Kansong menutup secara resmi Festival Komunitas Informasi Masyarakat(KIMFest) Tahun 2024 bertempat di City Of Makassar, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Usman Kansong dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI memberi apresiasi kepada Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) terbaik di ajang festival ini.

Ada empat kategori apresiasi yang diberikan kepada KIM terbaik, yakni kategori UMKM, Pariwisata, Transformatif, dan Inovatif.

Berdasarkan hasil penilaian Tim Penilai yang telah berusaha bersusah payah dalam memberikan penilaian menetapkan:

Pertama, kategori UMKM terbaik diberikan kepada KIM Dinamika Sinema Nusantara dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY);

Kedua, kategori pariwisata diberikan kepada KIM Desa Sani-Sani Sulawesi Tenggara;

Ketiga, kategori transformatif diberikan kepada KIM dari Jawa Timur; dan

Keempat, kategori inovasi diberikan kepada KIM Raca Mampulang Kalimantan Selatan.

KIM merupakan kelompok masyarakat yang tidak hanya mengomunikasikan dan menginformasikan kepada masyarakat terkait program dan kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah, tetapi juga suatu kelompok yang memberdayakan potensi masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Kompetisi tahun ini kami menitikberatkan kapada aspek inovasi, apresiasi tertinggi kami berikan kepada KIM yang berhasil melakukan berbagai inovasi agar bisa berdaya secara mandiri dalam mempertahankan eksistensinya dan mengembangkan potensi masyarakat di sekitarnya,” imbuhnya.

Menurutnya, KIM Fest 2024 merupakan penyelenggaraan tahun kedua setelah sebelumnya 2023 diadakan di Kota Surabaya.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo berterima kasih kepada Pemerintah Kota Makassar khususnya Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto atas kolaborasi dan juga sinergitas di dalam menyukseskan kegiatan ini.

“Terima kasih, Pak wali atas keramahtamahannya sehingga kita bisa menyelenggarakan KIM Festival secara lancar. Losari adalah salah satu tempat terbaik melihat sunset,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam penyelenggaraan KIM Fest 2024 di Kota Makassar, pemerintah kota telah mengajak seluruh peserta mengunjungi Warroom, Museum Kota, dan Lorong Wisata Niigata.

Di hari pertama, mereka juga sudah diajak mengarungi Pantai Losari menggunakan kapal pinisi sambil menikmati salah satu sunset terbaik.

(MC Kabupaten Buton Utara/ Reporter Bayan, Editor Rajab)