Bupati Resmi Canangkan Pekan Imunisasi Nasional Polio Butur 2024.

  • Jul 23, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News- Bupati Buton Utara yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sahrun Akri, SE.,M.Si membuka Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Kabupaten Buton Utara 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan, di Puskesmas Bone Rombo Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara, Selasa (23/07/2024). 

Pembukaan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DPMD, Kepala RSUD Butur, Perwakilan Dandim 1429 Kabupaten Buton Utara, Perwakilan Polres Buton Utara, dan Pejabat Eselon III Lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Utara. 

Imunisasi polio merupakan upaya preventif yang sangat besar manfaatnya guna mencegah morbiditas, mortalitas dan disabilitas yang disebabkan oleh penyakit polio.

Penyakit ini dikenal sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen. Jika tidak segera dihentikan maka dikhawatirkan penyebaran penyakit tersebut berpotensi meluas dan penyebarannya hanya bisa dicegah dengan cara imunisasi.

Oleh sebab itu, tujuan dicanangkannya PIN Polio ini adalah untuk mencegah dan memberantas virus penyakit polio di Indonesia agar penyebarannya tidak meluas, yang juga merupakan komitmen global dari Organisasi kesehatan dunia (WHO). 

Dalam sambutannya, Sahrun Akri mengajak masyarakat untuk turut mendukung kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024. Kepada seluruh masyarakat, terutama yang memiliki anak usia 0-7 tahun, agar dengan kesadaran yang tinggi dapat ambil bagian dalam kegiatan PIN Polio ini.

"Bawalah anak kita ke pos pelayanan PIN yang terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio. Sesibuk apapun, luangkan waktu untuk membawa anak-anak kita yang berusia 0-7 tahun ke pos-pos PIN terdekat. Jangan sampai lupa, karena mencegah penyakit itu lebih baik dari pada mengobati." tuturnya. 

Harapannya ke depan dari gerakan Pekan Imunisasi Nasional Polio ini adalah tercapainya eradikasi polio di dunia pada akhir Tahun 2025.

Sahrun Akri juga menekankan betapa pentingnya kegiatan PIN Polio ini, sehingga penting bagi masyarakat Buton Utara untuk mendukung keberhasilan kegiatan ini.

"Melalui kesempatan ini, saya meminta kepada seluruh petugas kesehatan mulai dari RSUD, Puskesmas, Posyandu, Polindes, Pustu dan Pos Pelayanan Imunisasi lainnya, agar dapat melaksanakan program ini dengan penuh kesungguhan dan kepedulian. Kita harus mampu mencapai target 95-100 persen anak balita Buton Utara bebas polio." ucapnya. 

Sahrun Akri menambahkan bahwa dalam pelaksanaan PIN polio ini, peran media massa sangatlah penting dalam membantu menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas agar kegiatan PIN ini dapat terlaksana dengan sukses, pungkasnya.

(MC Kabupaten Buton Utara/Fotografer Erja, Reporter Sitti Hariani, Redaktur Nasriah)