Bupati, Mantapkan Persiapan Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 Tingkat Kabupaten Buton Utara.

  • Aug 14, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si mengumpulkan semua kepala OPD yang tergabung dalam kepanitiaan guna memantapkan persiapan upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2024 yang akan berlangsung pada hari Sabtu beberapa hari ke depan.

Rapat berdasarkan Surat Keputusan Bupati nomor 281 tentang panitia Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat kabupaten Buton Utara menyangkut penegasan Bupati terkait tugas setiap seksi berlangsung di Aula Setda, Selasa, 13 Agustus 2024

"Semua panitia bertanggungjawab untuk menyukseskan upacara bendera baik saat penaikkan/penurunan bendera maupun kegiatan lainnya", imbuhnya.

Sebagai penanggungjawab utama suksesnya pelaksanaan upacara maupun kegiatan lainnya, maka kepada kepala OPD harus memastikan semua yang ditugaskan dapat diselesaikan dan dituntaskan secara maksimal.

Ridwan Zakariah juga menghimbau kepada seluruh Kepala OPD untuk tidak meninggalkan daerah sebelum kegiatan upacara selesai.

"Untuk itu saya harapkan kepada kepala OPD untuk tidak meninggalkan daerah dulu", ujarnya.

Dalam rapat tersebut Bupati dua periode ini ingin mengetahui kesiapan masing-masing seksi yang sudah dikerjakan dan yang belum.

Beberapa persiapan paling penting dan utama adalah persiapan upacara dalam hal ini pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

Menurut koordinator Seksi upacara kepala Badan Kesbangpol, Agus priabudiana, S.Sos melaporkan bahwa persiapan upacara pasukan pengibar bendera telah dilakukan pelatihan oleh pelatih dari TNI dan Polri yang sudah berjalan dengan baik dan lancar.

"Seksi upacara sampai hari ini semua berjalan lancar dan selalu berkordinasi dengan pelatih", jelasnya.

Sementara itu, untuk undangan peserta upacara yang dikoordinir oleh Kabag pemerintahan, La Muda, S.Pi menjelaskan bahwa, panitia telah menyiapkan 450 undangan yang hadir saat upacara nanti.

"Kesiapan dari sekretariat untuk upacara sekitar 450 undangan yang terdiri dari semua kepala OPD dan pejabatnya, para anggota DPRD, Tokoh masyarakat, Ormas, Tokoh agama, unsur pemuda dan tokoh adat. Sedangkan untuk resepsi kenegaraan panitia menyiapkan 350 undangan, terangnya.

Selanjutnya pada Seksi dokumentasi dan publikasi yang dikoordinir Plt. Kadis Kominfosandi, La Nita, S.Pd, M.M menyampaikan agar OPD memasang baliho Ucapan Dirgahayu RI ke-79 dengan susunan pembagian sebagai berikut :  

1. Di lapangan upacara:

Setda, Setwan, Badan Kesbangpol, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan; 

2. Rujab Kamali (Panggung Kehormatan gerak jalan):

Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Perpustakaan dan Dinas Pariwisata; 

3. Jalan Poros RTH Minaminanga ( Menghadap Rujab Bupati dan Wakil Bupati):

Dinas/ Badan lainnya, harapnya.

Sampai berakhirnya rapat, semua kordinator seksi yang ditunjuk telah memaparkan kesiapan masing-masing dan menyatakan kesiapannya untuk bekerja sesuai dengan tupoksi dan arahan pimpinan.

"mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bisa berjalan dengan baik dan sukses", harap Bupati.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter/Redaktur Rajab)