Bupati Butur Hadiri Sidang Paripurna DPRD Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Peringati HUT Kemerdekaan ke-79.

  • Aug 16, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si, menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buton Utara dalam rangka mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden memperingati HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2024 di ruang rapat DPRD, Jumat, 16 Agustus 2024.

Ketua DPRD Kabupaten Buton Utara, H. Muh. Rukman Basri Zakariah, SE yang memimpin rapat paripurna dalam sambutannya menjelaskan bahwa Bangsa Indonesia memperingati hari ulang tahunnya yang ke-79 sangat bersejarah dan tidak pernah dilupakan, selalu dikenang, dan selalu diperingati. Karena mulai tanggal, bulan dan tahun tersebut Indonesia lahir, Indonesia bebas dari cengkraman penjajah yang menindas, menjajah dan merampas Hak Asasi Bangsa Indonesia waktu itu.

Melalui tema Nusantara maju, Indonesia maju, marilah kita tingkatkan semangat kerja sama dan persaudaraan untuk saling bahu membahu bersatu padu demi mewujudkan Buton Utara yang kita cintai menjadi daerah yang lebih baik, maju, aman dan sejahtera, imbuhnya. 

Sementara itu, Ridwan Zakariah dalam sambutannya menjelaskan bahwa setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dalam suasana meriah dan penuh dengan sukacita. 

Tidak sedikit pengorbanan yang telah diberikan oleh pejuang-pejuang bangsa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara Republik Indonesia sebagai implementasi rasa syukur kita atas nikmat kemerdekaan yang diberikan Allah SWT, maka seyogyanya pada setiap peringatan HUT Kemerdekaan kita gunakan sebagai momentum introspeksi diri atas nikmat kemerdekaan tersebut sampai sejauh mana kemerdekaan tersebut.

"Sampai sejauh mana kemerdekaan ini telah kita isi dan kita gunakan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan cita-cita kemerdekaan", jelasnya. 

Menurutnya, usia 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia bukanlah usia yang muda lagi. Akan tetapi dalam usia tersebut tentu telah banyak yang dikerjakan oleh pemimpin bangsa dan telah banyak pula hasil yang telah kita capai bersama berbagai kemajuan dan perkembangan kehidupan masyarakat yang telah kita rasakan dan nikmati bersama.

Makna kemerdekaan bukan hanya terbebas dari penjajahan fisik tetapi juga terbebas dari penjajahan mental kebodohan, kemiskinan dan ketidakadilan. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Buton Utara dalam rangka mengisi kemerdekaan sebagai manifestasi nilai-nilai perjuangan para pendiri bangsa dengan cita-cita yang luhur mewujudkan kejayaan Indonesia di usianya yang ke-17 tahun ini telah banyak upaya yang kita lakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. 

Marilah kita bersama-sama melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bekerja keras, berinovasi dan berkolaborasi untuk membangun Buton Utara yang lebih maju dan sejahtera karena dengan itu secara tidak langsung kita telah memajukan negara tercinta kita Indonesia.

Mengakhiri sambutannya Bupati dua periode ini menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota DPRD Kabupaten Buton Utara serta kepada seluruh elemen masyarakat Buton Utara yang telah berpartisipasi memeriahkan peringatan HUT ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai kegiatan penuh semangat persaudaraan dan kebersamaan. 

Dengan semangat kebersamaan kita mampu menghadapi tantangan global yang semakin kompleks bersama kita bangun Indonesia yang berdaulat mandiri dan berkepribadian berdasarkan Pancasila. Semoga semangat perjuangan para pahlawan senantiasa menjadi inspirasi bagi kita semua. "Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-79, merdeka", pungkasnya. 

Seusai sambutan Bupati Buton Utara dilanjutkan dengan mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Turut hadir: Wakil Bupati, Wakil Ketua dan anggota DPRD, Ketua Tim Penggerak PKK, Dandim 1429, Kapolres, Staf Ahli Bupati dan Asisten, para kepala OPD, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, pimpinan Badan/kantor instansi vertikal, Camat Kulisusu, Lurah/Kepala Desa sekecamatan Kulisusu, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, dan insan pers.

(MC Kabupaten Buton Utara/Reporter Arni, Redaktur Rajab)