Bupati Butur Hadiri Sidang Paripurna DPRD Penetapan Raperda Tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023.

  • Jul 18, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News- Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si menghadiri sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam rangka penetapan Rancangan Peraturan Daerah dan Pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Buton Utara Tahun Anggaran 2023, di Aula DPRD Kabupaten Buton Utara, Kamis (18/07/2024) 

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Sujono, S.Ars ditandai dengan penandatanganan Persetujuan bersama antara Bupati Buton Utara dan Wakil Ketua DPRD atas Raperda tentang Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023

Ridwan Zakariah, dalam sambutannya, menjelaskan pengajuan Raperda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2023 disamping untuk memenuhi ketentuan konstitusional sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, juga secara subtansial merupakan evaluasi atas pelaksanaan pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, sampai pada pengendalian/pengawasan, yang sekaligus pertanggungjawaban pelaksanaan APBD. 

"Tentu, proses ini menjadi penting karena untuk mengetahui keselarasan dan keterpaduan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Daerah". 

Oleh karena itu, Saya mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Sidang dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Buton Utara, yang telah bekerja secara maksimal dalam membahas, menganalisa, dan mengevaluasi laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023, serta ikut memberi masukan maupun saran untuk menjadi acuan dalam penyempurnaan penyelenggaraan pengelolaan keuangan Daerah pada masa yang akan datang, imbuhnya.

Menurutnya, kami percaya bahwa Pimpinan dan seluruh anggota DPRD yang terhormat memiliki pemikiran dan keinginan yang sama dengan kami di eksekutif, untuk mendorong percepatan pembangunan disegala sektor serta percepatan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Buton Utara. 

"Kami percaya pula, bahwa dengan sinergitas antara Pemerintah dan DPRD Kabupaten Buton Utara, maka capaian itu semua tidak mustahil dapat terwujud," harapnya.

Bupati dua periode ini juga mengungkapkan bahwa hasil pembahasan sidang kali ini, dapat digunakan sebagai dasar untuk pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sehingga kerja sama dan sinergitas yang sudah terjalin dengan baik selama ini ke depannya dapat ditingkatkan lagi. 

Selanjutnya, kepada semua pimpinan OPD dan jajarannya, agar menjadi perhatian untuk lebih meningkatkan lagi mutu pelayanan, mempertahankan kinerja yang sudah baik dan terus melakukan inovasi yang mendukung efektivitas dan efisiensi pelaksanaan setiap program dan kegiatan, serta taat dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan sehingga hasil yang dicapai dalam pelaksanaan keuangan Daerah dapat dirasakan manfaatnya yang membawa dampak yang signifikan bagi masyarakat Buton Utara.

"Kami sangat yakin bahwa persetujuan yang kita capai pada saat ini, diberikan berdasarkan penilaian kritis dan pertimbangan yang objektif terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang disampaikan oleh pemerintah daerah", jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengharapkan dukungan segenap anggota DPRD yang terhormat dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berdaya saing, berhasil dan tepat guna. 

"Semoga apa yang telah dilakukan dalam usaha membangun Buton Utara dapat menjadi amal ibadah dan mendapat petunjuk serta hidayah dari Allah SWT", pungkasnya.

(MC Kabupaten Buton Utara/ Fotografer Hariani, Reporter Harnia, Redaktur Rajab)