Bupati Butur Hadiri Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara Tahun 2023.

  • Jul 08, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, H. Muh. Rukman Basri Zakariah, SE menghadiri kegiatan Penyampaian Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara Tahun 2023 bertempat di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Senin, 8 Juli 2024

Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023 mengangkat tema "Menguatkan Fondasi Keuangan Negara, Menuju Indonesia Emas 2045".

Presiden RI, Joko Widodo yang hadir secara langsung dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BPK RI yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkatkan profesionalismenya dalam fungsi pemeriksaan.

Beliau juga memberikan ucapan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan pemerintah.

“Sudah sering saya sampaikan, WTP bukan prestasi tapi WTP adalah kewajiban kita semua. Kewajiban menggunakan APBN secara baik. Ini uang rakyat, uang negara,” ucapnya.

Selanjutnya, Jokowi mengingatkan bahwa penggunaan uang negara yang mengalir di pemerintah pusat hingga daerah pasti akan diaudit, sehingga pertanggungjawaban harus dilakukan secara baik.

“Kita harus merasa setiap tahun pasti diaudit, pasti diperiksa. Jadi sekali lagi, kewajiban menggunakan APBN dan APBD secara baik dan kewajiban mempertanggungjawabkannya secara baik pula,” kuncinya.

Terkait regulasi birokrasi, Joko Widodo berharap agar lebih berani dan fokus pada hasil bukan prosedur, fokus pada capaian yang dirasakan manfaatnya oleh rakyat dan fokus pada capaian yang membawa kemajuan negara.

"saya berharap, reformasi struktural yang telah berjalan penting untuk dilanjutkan, lanjutkan sinkronisasi regulasi, lanjutkan penyederhanaan prosedur agar pemerintah berjalan lebih efektif, dan lebih efisien serta berorientasi pada hasil bukan pada prosedur," ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Jokowi menekankan pentingnya kerjasama dan upaya bersama dengan berbagai sektor, meliputi Lembaga Negara, Pemerintah, Institusi Pendidikan, Swasta, dan masyarakat dalam menciptakan keselarasan dan kolaborasi pengawasan dan pelaksanaan program-program pembangunan.

"Dengan Sinergi yang kuat, diharapkan visi pembangunan nasional yang inklusi dan berkelanjutan dapat mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045", pungkasnya.

Perlu diketahui, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2023. Hasilnya, LHP LKPP mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI ke delapan kalinya sejak LKPP 2016.

Turut hadir: Wakil Presiden, RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, Ketua BPK RI, Para Pimpinan Lembaga Negara, Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, Para Kepala Daerah (Gubernur/Bupati/Waki Kota), serta Para Ketua DPRD (Prov/Kab/Kota) se-Indonesia.

(Mc Kabupaten Buton Utara/Reporter Harisman, Redaktur Rajab)