BPS Gelar Pembinaan Statistik Sektoral Lingkup Pemda Buton Utara Tahun 2024

  • Jul 17, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News-Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton Utara menggelar pembinaan Statistik Sektoral di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara dengan mengusung tema "Kesiapan BPS sebagai pembina data melaksanakan pembinaan secara berkala melalui kassitela Butur", bertempat di Aula Bappeda, Rabu 17 Juli 2024.

Kepala BPS Kabupaten Buton Utara, Suharjufito Endo, S.St.,ME dalam laporannya mengatakan bahwa Agenda pembinaan pada hari ini merupakan bentuk perwujudan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Intinya adalah pemerintah diharuskan untuk membuat sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang didasarkan pada data dan informasi yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan.

Menurutnya, dalam rangka pembinaan statistik sektoral, maka diperlukan pertemuan dengan para pimpinan OPD dan penanggungjawab/pengelola data OPD, bersama dengan Walidata dan Koordinator Forum Satu Data Kabupaten Buton Utara.

Harapannya, melalui pertemuan ini kita dapat meningkatkan komitmen bersama dalam penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan pemahaman pentingnya data yang berkualitas dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah, serta meningkatkan pemahaman mengenai tata kelola statistik sektoral, khususnya terkait peran BPS sebagai Pembina Data, imbuhnya.

Selanjutnya, Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Sahrun Akri, SP.,M.Si mewakili Bupati Buton Utara dalam sambutannya menyampaikan Data penilaian Indeks Reformasi Birokrasi Pemerintah Kabupaten Buton Utara Tahun 2023 dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemerintah Daerah baru mencapai 1,09 atau masih pada tahap rintisan. Ini artinya, proses penyelenggaraan Statistik Sektoral di Buton Utara belum menerapkan standar data Statistik Nasional. Selain itu, ketersediaan dan kemudahan akses terhadap data menjadi hal lain yang harus ditingkatkan. 

Dinamika ini perlu menjadi perhatian kita dan diperlukan kerja ekstra untuk menyelesaikan permasalahan terkait penyelenggaraan Satu Data Indonesia di lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Utara. 

Forum Satu Data Indonesia sangat dibutuhkan sebagai media komunikasi, koordinasi, sinkronisasi, hingga monitoring dan evaluasi penyelenggaraan Satu Data di wilayah Kabupaten Buton Utara. 

"Data yang berkualitas akan menghasilkan pembangunan yang berkualitas, tepat guna, tepat sasaran, adaptif, berkelanjutan, dan progresif", ungkapnya

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Buton Utara Zainal Arifin, HZ, SE.,M.Si selaku Narasumber menjelaskan tentang pentingnya satu data dalam peningkatan kualitas perencanaan yang menjadi prioritas dari semua sektor.

"Data begitu penting dijadikan rujukan dalam merencanakan dengan menyesuaikan kebutuhan anggaran sebagai kekuatan untuk menetapkan program di dalam setiap perencanaan pembangunan".

Kita sudah memiliki Peraturan Bupati Buton Utara Nomor 5 Tahun 2022 tentang satu data yang dapat dilaksanakan secara menyeluruh untuk memastikan semua sektor dapat diketahui besaran data yang ingin ditunjukkan sebagai informasi akurat dalam perencanaan kita, jelasnya.

Lebih lanjut, Narasumber Fatchur Rochman, S.St, ME selaku pranata komputer Ahli Madya dan promosi Statistik BPS Provinsi Sulawesi Tenggara menjelaskan bahwa penyelenggaraan statistik berdasarkan Keputusan Kepala BPS Nomor 5 Tahun 2000 tentang statistik nasional disebutkan bahwa penyelenggaraan statistik sektoral untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan.

Kenapa harus ada pembinaan kata Facthur yaitu untuk memaksimalkan data kita berkualitas, perencanaan, monitoring dan evaluasi berkualitas, dan kemudian mewujudkan pembangunan berkualitas, sehingga tujuan pembangunan kita untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Untuk itu kita harapkan dalam pelaporan dokumentasi pembinaan statistik sektoral yang telah dilakukan serta rencana pembinaan yang telah disusun diketahui progres dan hasilnya", pungkasnya.

(MC Kabupaten Buton Utara Reporter/Fotografer Nasriah, Redaktur Rajab)