BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Dalam Rangka Monitoring dan Evaluasi Kerja Sama Bersama Non ASN Pemda Buton Utara

  • Jun 26, 2024
  • Diskominfosandi Kab.Buton Utara

Buranga Infokom News- BPJS Ketenaga Kerjaan melakukan Sosialisasi dalam rangka Monitoring dan Evaluasi kerja sama bersama Non ASN Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara.

Kegiatan Sosialisasi ini merupakan amanah Inpres No. 2 Tahun 2021 yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Mansur, S.Sos, M.Si bertempat di Aula Bappeda, Rabu, 26 Juni 2024.

Sosialisasi bertujuan untuk memberikan jaminan terpenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia dengan jaminan sosial yang dilaksanakan BPJS Kesehatan dengan program jaminan kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dengan program yaitu : jaminan kecelakaan kerja (JKK),  Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan ( JKP).

Menurutnya "Pemerintah Kabupaten Buton Utara telah melakukan langkah-langkah dengan memastikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh pegawai pemerintah Non ASN seperti aparatur pemerintah Desa, Direksi maupun pegawai Badan Usaha Milik Daerah dan lainnya", jelasnya. 

"Sebagai representasi Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara di masyarakat, pegawai pemerintah Non ASN memiliki peran penting dalam membantu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, profesional dan bermartabat sehingga pemerataan pembangunan dapat terwujud". Oleh karena itu dengan adanya jaminan sosial ketenagakerjaan ini di harapkan pegawai Non ASN tidak perlu cemas dalam melakukan aktivitas kegiatan pemerintahan karena telah di jamin oleh Negara, imbuhnya.

Rapat Monitoring dan Evaluasi ini di harapkan menjadi sarana buat seluruh OPD di Kabupaten Buton Utara untuk mendapatkan informasi mengenai program, manfaat dan prosedur pelayanan, sehingga dalam pelaksanaannya tidak terjadi hambatan yang berarti dengan mempedomani semua aturannya.

"Kepada Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Buton Utara agar melakukan pembinaan dan pengawasan dalam rangka meningkatkan kepatuhan pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai Non ASN di Kabupaten Buton Utara", pungkasnya

Turut hadir: Kepala BKAD,
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala BKPSDM, Kepala BPJS Cabang Bau-Bau, Direktur RSUD, dan para Camat se-Butur. 

(MC Kabupaten Buton Utara/Fotografer Iwan, Reporter Jenny, Redaktur Rajab)